Rabu, 30 Desember 2009

Metode Pembelajaran Dengan Berbagai Model oleh Pak Umar Samadhy


Metode Pembelajaran Dengan Berbagai Model oleh Umar Samadhy


Pak Umar Samadhy adalah salah satu dosen di PGSD yang sering menjadi seorang pembicara di seminar-seminar. Beliau adalah seorang Dosen Bahasa Indonesia. Berbeda dengan dosen mata kuliah lainnya, pak Umar selalu memberikan metode belajar yang berbeda pada umumnya.


Metode Pembelajaran model diskusi dengan sekelompok anak yang terdiri dari Moderator, Notulis dan Penyaji yang kemudian memberi materi dan membacakan makalah kepada Audien merupakan Model 1, yang biasa digunakan disekolah-sekolah, kegiatan diskusi perkuliahan, maupun dalam seminar-seminar.

Sebenarnya, metode ini terkesan monotone karena yang terlihat lebih aktif adalah Penyaji. sedangkan audien hanya beberapa yang terlihat aktif mengikuti jalannya diskusi, oleh karena itu, hanya beberapa dari audien yang mengerti materi yang disampaikan sedangkan sisanya NOL.

Dari sinilah, muncul pemikiran-pemikiran yang baru untuk menciptakan suatu model pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Kemudian pada proses perkuliahan, Pak Umar menggunakan berbagai macam Model diskusi untuk menambah variasi agar diskusi tidak berjalan monoton diantaranya Model 1 untuk metode yang biasa digunakan pada umumnya,

Model 2 untuk model pembelajaran dengan membagi sekelompok penyaji untuk kemudian mempresentasikan makalahnya pada masing-masing kelompok audien.

Model 3 untuk model pembelajaran dengan membagi sekelompok penyaji untuk kemudian mempresentasikan makalahnya pada masing-masing kelompok audien kemudian mengundi beberapa orang audien (perkelompok diwakili satu orang) untuk menjadi penyaji di kelompok lain.

Model 4 untuk model pembelajaran dengan membagi sekelompok penyaji untuk kemudian mempresentasikan makalahnya pada masing-masing kelompok audien kemudian mengundi beberapa orang audien (biasanya satu kelompok kecil dibagi menjadi dua, yaitu sebagian sebagai tamu, dan sebagian lagi sebagai tuan rumah) untuk mewakili kelompok kecil kemudian menjadi penyaji di kelompok lain.

Model 5 untuk model pembelajaran dengan membagi sekelompok penyaji menjadi dua untuk kemudian mempresentasikan makalahnya pada masing-masing kelompok audien (kelompok audien hanya dibagi menjadi 2 kelompok besar)

0 komentar on "Metode Pembelajaran Dengan Berbagai Model oleh Pak Umar Samadhy"

Posting Komentar

Followers

Pengunjung Blog Ini

 

Catatan Kaki Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Sponsored by Tadpole's Notez