Selasa, 15 Desember 2009

Kajian Bahasa Indonesia Dosen Pak Umar Bag. 1


Tia, Bana, Yuan dan Weni sebelum perkuliahan dimulai^^

Pada kesempatan kali ini, saya akan menggambarkan sebuah sistem pembelajaran yang digunakan pada saat perkuliahan Kajian bahasa Indonesia, dengan dosen pengampu Bapak Umar Samadhy.

Dalam Blog ini, saya (Yuan) dan Bana bertugas membuat artikel untuk kegiatan perkuliahan Kajian bahasa Indonesia dengan Bapak Umar Samadhy sebagai Dosen pengampu. Sedangkan untuk Frisca, Vita dan Novi, masing-masing bertugas untuk membuat artikel tentang kegiatan perkuliahan kajian Bahasa Indonesia dengan bapak sukarir sebagai Dosen Pengampu.

Setiap dosen pasti mempunyai cara yang berbeda untuk menerapkan sistem pembelajaran pada saat kuliah berlangsung. Oleh karena itu, masing-masing dari kami membuat artikel tentang kegiatan perkuliahan Kajian Bahasa Indonesia agar dapat menjadi bahan pertimbangan dan acuan kami maupun mahasiswa lainnya dalam menerapkan sistem pembelajaran di masa yang akan datang.
Suasana di kelas ketika diskusi masing-masing kelompok berlangsung

Pada jam perkuliahan pada tanggal 15 Desember 2009, kami mendapatkan tugas untuk praktek mengajar di SD, dan ada 3 poin yang harus kami ajarkan, yaitu Puisi, Prosa dan Dramatisasi. Untuk Rombel kami, yang berjumlah 49 mahasiswa, kami membagi kelompok menjadi 7 kelompok dengan jumlah mahasiswa tiap kelompok 6 orang, dan 1 kelompok berjumlah 7 orang.

Kelompok kami berjumlah 7 orang, diantaranya adalah Siswanto, Hendi, Yuan, Bana, Weni, Ralistami, dan Lina. Saya satu kelompok dengan Bana.
Suasana ketika kelompok kami mengadakan diskusi bersama

Saat dikusi berlangsung, masing-masing kelompok membentuk lingkaran dan bergabung dengan anggota kelompoknya masing-masing. Setelah berdiskusi, kami memutuskan untuk memilih siswa kelas VI yang akan kami gunakan untuk praktek dan konsep-konsep apa yang akan kami gunakan.
Kelompok kami saat mencari bahan untuk pembelajaran di SD

Setelah mendapat surat pengantar, Hendi dan Siswanto wakil dari kelompok kami menuju SD Negeri 1 Karanganyar untuk melihat kondisi sekolah dan meminta izin kepada pihak sekolah untuk praktek mengajar di SD tersebut. Setelah disepakati, akhirnya kelompok kami akan melaksanakan praktek, besok pada tanggal 16 Desember 2009 pada pukul 07.30 WIB. kami harus segera menuju SD Negeri 1 Karanganyar dan memulai aktivitas kami sebagai mahasiswa yang praktek mengajar.


Semoga besok pagi kelompok kami dapat melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya, amin...

Tunggu berita selanjutnya tentang pengalaman kami yang untuk pertama kalinya mengajar di SD.


diposkan oleh: Fasih Dwi Yuani

0 komentar on "Kajian Bahasa Indonesia Dosen Pak Umar Bag. 1"

Posting Komentar

Followers

Pengunjung Blog Ini

 

Catatan Kaki Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Sponsored by Tadpole's Notez