Jumat, 15 Januari 2010

KEGIATAN PRAKTIKUM DI SD Part 2

0 komentar
Kegiatan praktikum mata kuliah Kajian Bahasa Indonesia SD tentang apresiasi sastra anak secara reseptif dan produktif, dilaksanakan :
Hari, tanggal : Rabu, 16 Desember 2009
Tempat : SD Karanganyar 01
Alamat : Jalan Raya Walisongo KM 12
Kelas : VI
Jumlah Siswa : 38 anak
Kegiatan : 1. Perkenalan
2. Penyampaian Tujuan Kedatangan ke SD Karanganyar 01
3. Penyampaian Materi Apresiasi Sastra Anak




PERINCIAN KEGIATAN

Perincian Kegiatan Apresiasi Sastra di ruang kelas VI SD Karanganyar 01 adalah sebagai berikut :
Perkenalan
Kami memperkenalkan diri kepada siswa-siswa kelas VI, menyebutkan nama dan asal kami. Antara lain :
1) Lina Daniati sebagai Moderator
2) Siswanto sebagai Penyampai materi tentang puisi anak
3) Fasih Dwi Yuani sebagai Pengapresiasi cerita anak
4) Aditya Hendi Hendarto sebagai Pemakna cerita anak
5) Weni Septya Dewi sebagai Operator
6) Musfiratun Bana sebagai Dokumentator 1
7) Ralistami Esthi Hidayah sebagai Dokumentator 2

2. Penyampaian Tujuan Kedatangan ke SD Karanganyar 01
Kami menyampaikan tujuan kedatangan kami yaitu untuk mengapresiasi sastra secara langsung kepada siswa kelas tinggi agar kami mengetahui seberapa besar minat siswa-siswa SD terhadap karya sastra anak, yang diwakili oleh saudari Lina Daniati.


3. Penyampaian Materi Apresiasi Sastra Anak
a. Penyampaian Puisi
 Anak
Kami memberi kesempatan kepada siswa untuk mendeklamasikan puisi di depan kelas. Kemudian kami memberi stimulus tentang amanat apakah yang dapat diambil dari puisi tersebut. Untuk menarik perhatian siswa agar mau mendeklamasikan puisi di depan kelas, kami akan memberikan hadiah kepada siswa yang berani mendeklamasikan puisi. Ada satu anak yang berani mendeklamasikan puisi di depan kelas dengan judul “Ayah Bunda” yaitu siswa yang bernama Tari.


 Mahasiswa
Pendeklamasian puisi dilakukan oleh saudara Siswanto dengan puisi berjudul “Koruptor” dilanjutkan dengan penyampaian isi puisi tersebut.





b. Penyegaran (Refreshing)
Untuk menyegarkan pikiran siswa agar tidak terlalu jenuh dengan materi yang diberikan, maka kami mempersilahkan salah seorang anak untuk bernyanyi di depan kelas. Ada seorang anak yang berani maju bernyanyi di depan kelas, yang bernama Adit dengan lagu berjudul “Paman Datang”.



c. Penyampaian Cerita Anak Sekaligus Dramatisasi Cerita Anak
 Anak
Kami memberi kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sebuah cerita anak di depan kelas. Kemudian kami memberi stimulus tentang amanat apakah yang dapat diambil dari cerita anak tersebut. Untuk menarik perhatian siswa agar mau bercerita di depan kelas, kami akan memberikan hadiah kepada siswa yang berani bercerita. Ada satu anak yang berani bercerita di depan kelas dengan judul cerita “Kancil Mencuri Timun” yaitu bernama Tiara.


 Mahasiswa
Penyampaian cerita anak oleh saudari Fasih Dwi Yuani dengan cerita berjudul “Si Pelit” dilanjutkan dengan penyampaian amanat cerita tersebut oleh saudara Aditya Hendi Hendarto.




Sebagai penutup, kami bersama siswa-siswa kelas VI menyanyikan lagu “Laskar Pelangi” diiringi musik dari Laptop.









Setelah bernyanyi bersama, kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik yang telah berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan apresiasi sastra anak yang kami sampaikan. Kami meminta maaf jika ada kesalahan dan tutur kata yang kurang berkenan kepada siswa.
Untuk mengenang kegiatan kami di SD Karanganyar 01, kami mengabadikan momen terakhir kami di SD tersebut bersama seluruh siswa kelas VI.


Followers

Pengunjung Blog Ini

 

Catatan Kaki Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Sponsored by Tadpole's Notez